Minggu, 26 Juni 2016

Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD

Pernahkah anda menemukan virus shorcut pada suatu file di komputer atau laptop anda? Pada dasarnya virus shortcut ini akan muncul dan langsung menyerang komputer terutama pada hardisk komputer atau juga bisa menginfeksi ke flashdisk yang dimasukkan ke dalam komputer.

Mungkin banyak orang awam yang masih tidak sadar akan adanya virus shorcut ini. Maka dari itu terkadang mereka tidak sadar kalau komputer atau falshdisk nya sudah terjangkiti oleh virus sehingga terkadang folder atau file penting mereka hilang tiba tiba dan berubah menjadi file shorcut. Tentunya sangat mengganggu bukan..?

Virus shortcut memiliki sifat yang cepat menyebar apalagi bila file tersebut berformatkan .DLL dan .exe maka virus shortcut akan menyerang dengan cepat. Namanya juga virus tentunya bila flashdisk yang sudah terjangkiti virus dipindahkan ke media lain maka media tersebut juga akan terjangkiti virus. Sehingga bila virus ini terlalu banyak mengendap di komputer maka akan membuat eror pada sistem komputer. Kebanyakan komputer yang rentan terserang virus ini adalah windows xp dan biasanya akan sering kita temui pada komputer komputer di warnet. 

Virus Shortcut di komputer
Tampilan Virus Shortcut di komputer
Sebenarnya windows 7 juga berkemungkinan terserang virus shortcut ini, namun resikonya cukup minim. Mungkin kebanyakan orang mencegah komputer terserang virus yaitu dengan menggunakan anti virus. Tapi tahukah anda? Ternyata memasang anti virus pada komputer tidak menjamin 100% komputer aman dari virus. Tapi setidaknya adanya anti virus dapat meminimalisir serangan virus pada komputer.
Mungkin bagi orang awam, mereka akan sangat pusing sekali bagaimana cara menghapus virus shortcut ini, makanya tak heran jika banyak orang yang terkadang jengkel dengan kehadiran virus ini. Biasanya menghapus virus shortcut, mereka tentunya menggunakan software.

Virus Shortcut di komputer
Tampian virus shortcut di komputer

Memang di internet sudah banyak sekali software menghapus virus shortcut namun untuk mendownload software ini terkadang orang malas dan terkadang cukup susah, ditambah lagi jika kapasitas filenya yang besar tentunya mereka harus menunggu cukup waktu sampai proses download selesai. Oleh sebab itulah tutorialsmu akan membagikan trik mudah dan cepat cara menghapus virus shortcut tanpa software yakni dengan menggunakan CMD.
CMD atau command prompt merupakan sebuah software bawaan komputer yang digunakan untuk memanggil suatu perintah. Biasanya CMD pada komputer terletak di bagian menu accessoris. Berikut ini Tutorials Cara menghapus virus shortcut tanpa software dengan CMD versi tutorialsmu.com, check this out
Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software dengan CMD adalah :
  • Pertama tama siapkan media yang akan dihilangkan virus nya, misalnya flashdisk jika maka masukkan falshdisk ke dalam USB port komputer, atau jika anda memilih harddisk maka pilihlah salah satu disk yang anda kehendaki misalnya C, D atau E.
  • Kemudian munculkan program CMD / command promt. Ada 2 langkah memunculkan program yaitu dengan menggunakan run dan menu accessoris.

    - Pilih menu start lalu pilih Run, setelah itu ketikkan CMD lalu enter maka otomatis program CMD akan muncul.
    - Atau melalui menu start, accessoris lalu pilih command prompt.

    hapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    Delete Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
  • Pada menu run, tekan shorcut pada keyboard win+R.

  • Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    • Setelah command promt diaktifkan, pada kotak hitam ketikkan jenis huruf apa yang merupakan tempat flashdisk atau harddiskmu berada. Misalnya "F", kemudian enter

    Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD

    • Setelah itu, ketikan "attrib -s -h -r -a *.* /s /s" , lalu enter dan tunggu beberapa menit sampai proses selesai.  Kalimat tersebut merupakan rumus untuk menghapus virus shorcut.
    Cara Menghapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    Hapus Virus Shortcut Tanpa Software Dengan CMD
    • Setelah selesai, maka semua folder hilang atau ter "hidden" oleh virus shortcut akan muncul beserta shortcut-shortcut folder lainnya, termasuk auto.inf. Kemudian pada file shorcut shortcut yang gak penting bisa anda hapus secara permanen

    Selamat flashdisk atau hardisk anda bebas dari virus shorcut yang menjengkelkan. Demikianlah tips dari tutorialsmu mengenai cara menghapus virus shortcut tanpa software dengan cmd. Semoga bermanfaat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar